Lakukan Panggilan Kirim SMS

Kirim WhatsApp

 Klik Untuk Kontak Kami

0822-1138-3848

Menjadi Guru Yang Baik : Siswa adalah Cermin Gurunya

Posted in Blog.

Langkah pertama untuk menjadi guru yang baik merupakan langkah tersulit yang harus dihadapi. Langkah ini bisa menhabiskan waktu berminggu-minggu untuk dilaksanakan. Namun dengan ketekunan dan komitmen untuk menjadi guru yang baik, maka langkah pertama ini bisa dilalui dengan lebih cepat.


Bagian Pertama : CERMIN

Perilaku siswa adalah cerminan dari perilaku gurunya. Konsep ini harus menjadi dasar dari pengajaran yang baik. Semua masalah yang terjadi di dalam kelas adalah disebabkan oleh sang guru. Atau dengan kalimat lebih positif, guru bertanggung jawab untuk menciptakan suasana kondusif di kelas untuk belajar.

Baca Juga : Belajar dari Kegagalan

 

Jika sebagian besar siswa kita nakal, itu bukan kesalahan siswa. Kesalahan berada pada diri kita sendiri. Guru adalah masalah itu sendiri. Kita menyadari bahwa kelas kita akan berperilaku sama buruknya dengan kita membiarkannya, dan mereka juga akan bersikap baik jika kita menuntutnya.


Maka buatlah sebuah aturan untuk semua yang ada di di kelas termasuk kita sendiri. Mungkin selalu saja ada pengecualian dalam peraturan ini, akan tetapi, terlalu bertoleransi dengan aturan, hanya akan membuat kelas kembali ke keadaan semula. Guru bertanggung jawab atas perilaku para siswa.

Baca Juga : Karakter Pelajar Sukses


Tugas Guru

Kita mempunyai tugas yang harus dilakukan setiap hari. Yaitu mencatat setiap perilaku siswa. Ambillah buku catatan kemudian catat setiap perilaku yang tidak baik dari setiap siswa dari sejak masuk ke kelas sampai pelajaran usai dan siswa keluar dari kelas. Terus lakukan setiap hari dan catat semuanya.

 

Tugas ini akan memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Namu dengan peraturan yang kita buat, tanpa kita sadari, catatan perilaku siswa akan semakin berkurang dari waktu ke waktu. Dan pada saat itu, suasana kelas akan menjadi lebih baik dan siswa bisa belajar dengan maksimal.