Lakukan Panggilan Kirim SMS

Kirim WhatsApp

 Klik Untuk Kontak Kami

0822-1138-3848

Kuliah atau Kerja?

Posted in Blog.

Setelah lulus SMA/SMK (Sekolah Menengah Akhir/Sekolah Menengah Kejuruan), ada begitu banyak pertimbangan antara melanjutkan kuliah atau langsung kerja.

Pilihan pertama ya pastinya sudah jelas untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi dan meraih gelar sarjana agar kelak mendapatkan pekerjaan yang baik. Di sisi lain, mengapa banyak siswa yang memutuskan untuk kerja dulu, yaitu selain untuk mengistirahatkan otak dan pikiran setelah 12 tahun bersekolah tetapi terutama alasannya karena untuk mencari uang. Faktanya, persiapan masuk kuliah itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jadi bagaimana kuliah atau kerja dulu?

Sebenarnya dari kedua pilihan tersebut tidak ada yang salah, terutama bila kita bisa bekerja sambil kuliah. Yuk, kita bahas kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kuliah dan bekerja. 

Berikut beberapa keuntungan yang kamu dapatkan jika kamu memutuskan untuk melanjutkan kuliah:

1.    Kampus adalah tempat belajar yang kondusif. Segala hal, mulai dari teori hingga praktek dapat dilakukan ditempat ini dengan suasana yang menyenangkan. Dikampus manapun baik itu PTN maupun PTS  kita akan menghasilkan sesuatu apabila dijalankan sesuai dengan keinginan atau bakat yang kita miliki, lain halnya dengan lingkungan kantor (tempat kerja) dimana kita dituntut untuk selalu bekerja dengan benar dan tidak melakukan kesalahan sekecil apapun.

2.    Mendapatkan ijazah, setelah kurang lebih 4 tahun kuliah, selain mendapatkan teori dan praktek perkuliahan yang terpenting adalah ijazah. Ada juga orang yang kuliah yang niatnya hanya ingin dapat Ijazah saja untuk menunjang kariernya kedepan. Dengan ijazah tersebut, maka kemampuan kita diakui oleh negara (sebenarnya sih ijazah tidak selalu menjadi jaminan). Selain itu ijazah masih menjadi patokan rata-rata perusahaan dalam merekrut karyawan baru dibandingkan pengalaman kerja.

3.    Teman Kuliah sebagai Aset Masa Depan, dengan lingkungan kampus yang di dalamnya terdapat banyak orang dan waktu kuliah yang lebih sedikit dibandingkan saat bekerja (8 jam sehari) maka kita akan lebih punya banyak teman dan waktu untuk bersosialisasi baik itu teman belajar ataupun teman satu hobi. Dengan begitu, kita akan mudah membangun jaringan pertemanan dibanding bila sudah bekerja kantoran. Setelah lulus kuliah, kita akan mempunyai banyak kontak yang bisa kita hubungi untuk mencari kesempatan kerja atau bahkan bisa menciptakan pekerjaan dengan teman kuliah kita dulu.

Berbeda halnya, apabila kita memulai dengan kerja terlebih dulu baru kuliah. Biasanya hal ini dilakukan secara simultan, bekerja untuk membiayai kuliah sendiri, sehingga saat lulus, selain ijazah anda pun sudah mendapat pengalaman kerja.

Beberapa keuntungan bila bekerja adalah:

1.    Belajar dari pengalaman, bekerja bisa dibilang membuktikan teori yang kita pelajari di kuliah, tanpa mempelajari teori mungkin kita akan lebih sulit dalam bekerja namun itu bukanlah sebuah kekurangan karena pengalaman adalah guru terbaik.

2.    Pengalaman kerja, sudah tentu bekerja memberikan pengalaman berbeda yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dibanding mereka yang masih duduk dibangku kuliah. Mendapatkan pengalaman kerja, artinya selangkah lebih maju dibandingkan mahasiswa lainnya.

3.    Jenjang karir, setiap orang memulai jenjang karirnya dari bawah lalu perlahan naik. Bila kita memulai meniti karir lebih awal maka kita dapat mencapai jenjang atas lebih dulu dibandingkan orang lain. Berbeda dengan lulusan kuliah tanpa pengalaman kerja, biasanya mereka mesti meniti dari bawah.

Apapun pilihan kita, bekerja baru kuliah atau kuliah lalu bekerja, semua baik untuk dilakukan. Karena kesuksesan tidak selalu datang dari bangku sekolah dan ingat pula bahwa hanya sedikit orang yang putus sekolah atau tidak kuliah lalu sukses di dunia, misalnya berwirausaha.

Intinya adalah kuliah untuk menunjang pekerjaan yang lebih baik, sedangkan bekerja untuk membiayai kuliah untuk tingkat lanjut. Namun jika pandai membagi waktu, lebih bagusnya lagi adalah kuliah sambil kerja. Misal, kita sudah menyelesaikan D3 atau sudah bekerja, bisa mengambil Kelas Karyawan yang sudah dibuka di Universitas Bakrie, dengan jadwal kuliah yang fleksibel dan biaya yang terjangkau program Kelas Karyawan di Universitas Bakrie dapat mendukung kita ke jenjang karir yang lebih baik.