Lakukan Panggilan Kirim SMS

Kirim WhatsApp

 Klik Untuk Kontak Kami

0822-1138-3848

Apakah Kamu Siap Untuk Belajar?

Posted in Blog.

Tahukah kamu, apa saja yang menjadi aspek kesiapan belajar? Aspek-aspek tersebut merupakan pilihan. Ada orang yang cocok dengan aspek ABC, sedangkan yang lain lebih cocok dengan aspek XYZ.

Yang penting adalah kamu mengenali aspek yang menjadi penentu kesiapan belajarmu. Jika kamu mengenalnya, kamu dapat mempersiapkan diri secara maksimal. Beberapa Aspek-aspek Kesiapan Belajar diantaranya yaitu:

A. Motivasi

Motivasi tiap orang untuk belajar berbeda-beda. Motivasi sudah ada pada saat seseorang akan melakukan sesuatu, namun mungkin tidak kamu sadari. kamu perlu mengetahui apa sebenarnya motivasi belajarmu. Atau bisa juga lebih khusus, misalnya apa motivasi kamu untuk mengambil universitas atau jurusan kuliah tertentu.

Apapun motivasi kamu, cobalah untuk mengenalinya. Bergabunglah dengan teman-teman yang memiliki motivasi yang sama. Dengan cara tersebut, kamu akan dapat saling memotivasi untuk berhasil. Sebagai contoh: teman-teman yang ingin kuliah di Universitas Indonesia atau ingin ke jurusan tertentu, mungkin dapat berkumpul bersama mereka yang memiliki tujuan yang sama untuk saling memotivasi. Bayangkan, jika temanmu berhasil, kamu tentunya akan termotivasi untuk mengikuti jejaknya bukan?!

Kamu juga dapat bergabung dengan mereka yang tujuan belajarnya berbeda untuk saling meningkatkan motivasi belajar. Apapun caranya, yang penting adalah memperkuat motivasi belajarmu. Motivasi menggerakkan kamu untuk mencapai tujuan…..!!!

B. Keteraturan/ketekunan

Dalam mempelajari modul, maka orang yang mempunyai ketekunan tinggi akan berusaha membacanya sampai selesai secara teratur. Mereka akan merasa terganggu kalau suatu topik bahasan yang mereka baca belum terselesaikan. Sedangkan orang yang memiliki ketekunan rendah, mudah kehilangan minat untuk belajar. Mereka tidak merasa terganggu jika mereka tidak selesai membaca modul seluruhnya. Bagi tipe ini, mungkin tugas belajar yang cocok bagi mereka adalah tugas-tugas kecil yang termasuk “short assignment”. Cobalah membaca modul sedikit demi sedikit sambil diselingi kegiatan lain, seperti membuat ringkasan, atau mengerjakan tes formatif. Dengan cara memecah tugas belajar seperti itu, diharapkan kamu akan tetap termotivasi dalam menyelesaikan tugas jangka panjang, yaitu membaca modul secara keseluruhan.

C. Beban Tugas

Tebalnya modul yang harus kamu pelajari seringkali mematahkan semangat untuk belajar. Namun bagi orang tertentu, semakin tebal atau banyak modul yang harus dibaca, semakin bersemangat dalam belajar. Di sisi lain, ada tipe orang yang justru menganggap berat untuk membaca modul yang banyak dan tebal.

Mereka cenderung termotivasi jika beban belajar sedikit. Jika kamu termasuk yang alergi terhadap modul yang tebal, maka kamu dapat mencoba untuk membuat tugas membaca modul menjadi “short assignment” seperti pada aspek ketekunan. Buat jadwal membaca modul yang tidak terlalu panjang. Bacalah modul sedikit demi sedikit. Yang terpenting adalah memecah beban tugas menjadi bagian kecil sesuai dengan tipe kamu untuk menjaga semangat belajar.

Jika kamu termasuk tipe kombinasi, maka kamu dapat menggabungkan kiat-kiat belajar dari kedua tipe yang lain.

D. Terstruktur/tidak terstruktur

Orang tertentu memilih belajar dengan cara/aturan yang terstruktur. Misalnya, belajar dengan jadwal belajar yang teratur, membuat sistem kontrak dalam belajar, atau membutuhkan pengarahan yang rinci dari guru maupun orang-orang yang lebih tahu. Sebaliknya, kamu mungkin merasa terbebani bila harus membuat jadwal belajar. Jika ini terjadi, kamu mungkin termasuk tipe orang yang tidak terstruktur. Kamu tidak perlu merasa bersalah bila kamu justru tidak suka membuat jadwal belajar yang teratur. Kamu tetap dapat membuat jadwal belajar dengan gayamu sendiri.

Aspek kesiapan belajar dapat berkombinasi satu sama lain. Mungkin saja kamu adalah orang yang merasa tertantang jika melihat modul yang tebal dan banyak, kamu memilih sering membaca modul tetapi sedikit demi sedikit. Ada masa tertentu mungkin kamu suka membuat jadwal yang terstruktur, tapi melaksanakannya secara tidak terstruktur. Oleh karena itu……

Kenali kesiapan belajarmu.
Tentukan bagaimana kamu  harus mengelola belajar Anda !