Lakukan Panggilan Kirim SMS

Kirim WhatsApp

 Klik Untuk Kontak Kami

0822-1138-3848

Kisah Inspiratif || A BIG JOURNEY BEGIN WITH A SINGLE STEP

Posted in Blog.

A BIG JOURNEY BEGIN WITH A SINGLE STEP
Nisa Larasati || Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia


Hari ini saya berangkat ketika matahari masih enggan menampakkan dirinya. Persiapan sejak pagi buta ini disebabkan oleh berbagai macam alasan mulai dari menghindari kemacetan ibukota, mendapatkan nomor antrean awal, dan saya tahu benar bahwa saya merasa sangat bersemangat dengan hari ini.

Hari ini merupakan hari yang sudah saya impikan sejak kecil. Dimulai ketika melihat mahasiswa-mahasiswa yang mengenakan jaket kebanggaan mereka muncuk di berbagai media dan membuat saya kagum akan kecerdasan berfikir, berkata, dan bertindak yang melebur menjadi satu. Seperti anak-anak pada umumnya, ketika seseorang menanyakan tentang cita-cita, saya menjawab dengan berbagai profesi yang umumnya diimpikan seperti dokter, guru, penyanyi, hingga presiden. Namun ketika ditanya mengenai kampus impian, saya selalu menjawab dengan mantap, UI.

Belasan tahun berlalu dengan cepatnya hingga datang satu waktu ketika saya mulai dihadapkan dengan pilihan krusial, memilih UI untuk menjadi bagian dari perjalanan hidup saya. Seharusnya ini menjadi mudah karena ini telah menjadi bagian dari impian hidup saya sejak kecil, namun seiring berjalannya waktu, saya mulai berfikir, apakah saya pantas untuk mejadi mahasiswa UI?

Perjalanan untuk menjadi mahasiswa UI merupakan perjalanan yang sangat panjang. Bukan suatu hal yang mudah untuk mencapai pada tahap ketika harus memutuskan untuk memasukkan UI ke dalam rencana hidup. Banyak hal yang harus saya pelajari padahal saya tidak menyukainya. Hal tersebut membuat saya tersadar bahwa hal yang tidak saya sukai bisa memberikan pelajaran terbaik bagi hidup.

Ketika mencapai bangku terakhir SMA, begitu banyak tantangan yang harus saya hadapi. Dalam beberapa hal pelajaran, saya begitu sulit untuk memahaminya. Ketika keputusan menyerah hampir diambil, saya selalu ingat bahwa seseorang yang sukses adalah dia yang tidak akan menyerah dalam situasi apapun. Kemudian saya berusaha maksimal untuk menyelesaikan ujian tersebut. Saat dihadapkan pada berbagai kegagalan, saya semakin terpicu untuk terus berusaha untuk belajar dan berusaha lebih dan lebih maksimal. Belajar dari kesalahan dan kegagalan.

Pengumuman hari itu membuktikan bahwa hasil menunjukkan usaha yang kita lakukan. Akhirnya saya dinyatakan lulus ujian masuk perguruan tinggi. Kampus impian telah saya dapatkan. Akan tetapi, saya sadar bahwa tantangan demi tantangan akan segera datang. Tantangan yang lebih besar dari sebelumnya. Apakah saya pantas untuk berada di kampus ini dan berguna bagi masyarakat? Saya harus membuktikannya. Cita-cita yang besar hadir dari sebuah pemikiran sederhana tentang arti perubahan masa depan.


UI, IMPOSIBLE?

Kumpulan Kisah Perjuangan untuk Menjadi Mahasiswa di Kampus Impian