Semua orang berpikir mereka tahu mana waktu terbaik untuk belajar, tetapi kenyataannya adalah bahwa setiap orang berbeda dan tidak ada pemenang yang jelas dari sudut pandang ilmiah. Ada beberapa orang yang mendapatkan lebih banyak ilmu dari belajar di malam hari sementara yang lain menemukan waktu terbaik untuk belajar adalah pagi atau siang hari. Berikut kami akan menjelaskan manfaat dari belajar pagi dan malam :



Manfaat Belajar Pagi Hari

1. Setelah tidur malam yang baik, Anda mungkin akan memiliki lebih banyak energi dan kemampuan yang lebih tinggi untuk berkonsentrasi pada kegiatan berikutnya.

2. Manusia disusun aktif pada siang hari dan tidur di malam hari, sehingga dengan tetap berpegang pada norma ini ada manfaat yang tak terbantahkan seperti mampu beraktivitas untuk pergi ke perpustakaan atau sekolah.

3. Kebanyakan orang lebih mudah dihubungi siang hari sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan teman atau guru siang hari jika Anda memiliki pertanyaan.

4. Cahaya alami lebih baik bagi mata Anda. Cahaya lampu dapat membuat sakit mata dan dapat mempengaruhi ritme tidur alami kita.



Manfaat Belajar Malam Hari

1. Orang-orang lebih aktif pada siang hari. Pada saat malam orang banyak yang istirahat sehingga Anda dapat belajar dalam damai dan tenang.

2. Jika rumah Anda dekat perpustakaan atau pusat perbukuan yang masih buka. Anda dapat pergi ke perpustakaan dan membaca buku dengan tenang.

3. Pada malam hari gangguan lebih sedikit dari siang hari. Sebagian besar teman-teman Anda tertidur dan jaringan sosial Anda akan kurang aktif sehingga tidak mengganggu jam belajar Anda.

4. Malam hari dapat meningkatkan efektivitas kreatif Anda dan membantu Anda melihat dengan konsep yang berbeda.


Semua orang memiliki gaya belajar masing-masing, mungkin ada yang senang dengan belajar pada pagi hari atau mungkin pada malam hari. Semua itu kembali kepada diri kita sendiri yang mengaturnya.