• SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES PRIVAT GERBATAMA UI

  • SELAMAT

  • SELAMAT DATANG

  • SELAMAT DATANG DI

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES PRIVAT

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES PRIVAT GERBATAMA UI

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES PRIVAT GERBATAMA UI

Strategi Memilih Jurusan SBMPTN

Written by Administrator. Posted in Blog.

Saat kamu sudah mantap dengan pilihan jurusan yang mau diambil dan Sudah mengerti sistem seleksi penilaian SBMPTN. Lantas bagaimana cara memilih urutan jurusan di SBMPTN? Banyak banget hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih jurusan-PTN mana yang akan kamu jadikan prioritas. Tapi yang akan kami bahas di sini adalah, bagaimana strategi kamu dalam mengurutkan pilihan prodi agar memperbesar peluang kamu untuk diterima dalam SBMPTN 2016. Berikut ulasannya :


Pertimbangan Keketatan (tingkat persaingan) Jurusan di Suatu PTN

Untuk memperbesar peluangmu untuk dapat lulus SBMPTN 2016, hal yang perlu kamu pikirkan pertama-tama adalah tingkat persaingan jurusan di beberapa PTN yang kamu inginkan. Sebagai bahan acuan dalam menentukan pilihan, sebenernya panitia sudah menyiapkan data yang cukup untuk dijadikan acuan yaitu data daya tampung dan peminat SBMPTN tahun lalu. Dari kedua data tersebut kita bisa mengukur perkiraan tingkat keketatan suatu jurusan. Maksudnya keketatan di sini adalah, kamu membandingkan jumlah peminat tahun lalu, dengan jumlah kuota kursi yang dibuka untuk prodi tersebut. Berdasarkan hal itu, kamu bisa memperkirakan hal yang kurang lebih mirip juga akan terjadi pada tahun ini.


Pertimbangan Ketersediaan Jalur Mandiri

Selain keketatan, ketersediaan Jalur Mandiri bisa juga kamu jadiin suatu pertimbangan. Cek apakah PTN-PTN yang menyediakan pilihan jurusan yang kamu minati membuka peluang seleksi lain atau tidak (Jalur Mandiri). Karena pada beberapa pilihan PTN ada jalur mandirinya, (optional) mungkin ada baiknya, kamu bisa lebih fokus ngincer PTN yang gak ada pilihan Ujian Mandiri nya (UM). Untuk kemudian kalian bisa lanjut memperluas peluang dengan ikut Ujian Mandiri (UM) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian incer.

Mengenai biaya kuliah, saat ini banyak PTN telah memberlakukan perlakuan yang sama bagi mahasiswanya yang diterima melalui SNMPTN, SBMPTN maupun Jalur Mandiri. Namun masih ada beberapa PTN yang memberlakukan lulusan jalur mandiri dengan perlakuan biaya yang lebih mahal dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Oleh karena itu pelajari juga sistem pembiayaan kuliah di jalur mandiri tiap-tiap PTN.


Jangan Asal Milih Jurusan di Pilihan 2 dan 3

Penilaian SBMPTN dilakukan secara terpusat tidak berdasarkan penilaian masing-masing PTN seperti SNMPTN. Pengaruhnya bagimana jika sistem penilaian terpusat atau berdasarkan masing-masing PTN? Jika berdasarkan masing-masing PTN, maka kemungkinan besar peserta yang memilih jurusan Pilihan 1 akan lebih diprioritaskan untuk diterima seperti seleksi SNMPTN 2015 kemarin.

Akan tetapi, untuk sistem seleksi SBMPTN yang dilakukan secara terpusat, kemungkinan sistem seleksinya akan berbeda. Dalam hal ini, memang tidak pernah ada keterangan sumber resmi tentang sistem penilaian SBMPTN, tapi peluang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III bisa jadi sama besarnya dengan pilihan I. Dalam arti, kompetisi dalam SBMPTN ini kemungkinan tidak akan melihat urutan pilihan 1,2,3 tapi betul-betul murni melihat jumlah score hasil SBMPTN kamu. Hal ini bisa diketahui dari cukup banyaknya peserta yang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III di SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Jadi sekali lagi, fokuskan pada nilai score SBMPTN kamu setinggi-tingginya, lalu pilihlah opsi jurusan prodi yang memang bener-bener kamu minati. Jangan sampai pada akhirnya, kamu milih jurusan 2 dan 3 asal supaya senggaknya bisa kuliah. Tapi begitu pengumuman kamu diterima pilihan ketiga, jadinya galau lagi apakah mau diambil atau tidak. Yakinkan diri kamu, kalaupun kamu keterima di pilihan 2 atau 3, kamu tidak akan menyesal dan kamu bakal tetep ambil dan jalanin keputusan kamu itu dengan penuh tanggung jawab.


Pertimbangkan Hasil Try Out yang Kamu Ikuti

Ikutilah berbagai TO yang diadakan di sekolah, tempat bimbingan belajar atau lainnya. Kamu juga bisa melakukan TO mandiri dengan bermodalkan soal TO di buku latihan SBMPTN yang banyak di jual di took buku. Kamu harus jujur dalam TO mandiri sebagai tolah ukur kemampuanmu. Kamu akan tahu kelemahan dan kekuatanmu dimana.

Pemilihan jurusan dengan mempertimbangan hasil TO, maka aka nada rumus pemilihan sebagai berikut :

  • Pilihan Pertama : adalah pilihan jurusan yang kamu dambakan. Kamu pilihan jurusan dengan passing grade tertinggi di antara semua pilihan kamu.
  • Pilihan Kedua : adalah pilihan jurusan yang optimis kamu bisa menjangkaunya dan tentunya kamu juga berminat pada jurusan ini. Pilih jurusan dengan passing grade lebih rendah dari pilihan pertama.
  • Pilihan Ketiga : adalah pilihan jurusan realistis dimana kamu pasti bisa menjangkaunya dengan persentase 99% kamu masuk. Pilih jurusan yang kamu sukai dengan passing grade paling rendah di antara ketiga plihan kamu.


Kombinasi Universitas

Kamu juga bisa melakukan strategi kombinasi pilihan universitas. Dalam SBMPTN, kamu bisa memilih 3 jurusan di 3 universitas yang berbeda. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi pemilihan jurusan. Dengan tidak bermaksud merendahkan universitas lainnya lho ya. Maka strategi ini bisa dilakukan dengan cara sbb :

  • Pilihan Pertama : adalah pilihan jurusan di Universitas ternama di Indonesia, misalkan UI, UGM, ITB, ITS, IPB.
  • Pilihan Kedua : adalah pilhan jurusan di Universitas yang peringkatnya berada di bawah pilihan pertama.
  • Pilihan Ketiga : adalah pilihan jurusan di Univeritas yang peringkatnya di bawah pilihan kedua.

Strategi ini bisa digunakan untuk kamu yang hanya berminat pada 1 jurusan saja. Misal kamu hanya berminat kuliah di jurusan Akuntansi. Maka strategi ini bisa kamu terapkan.

Demikian strategi pemilihan jurusan untuk SBMPTN yang akan kamu hadapi. Semoga bermanfaat dan selalu SEMANGAT.


Baca juga :

Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Sesuai Bakat dan Minat

Strategi menghadapi Ujian SBMPTN dan SIMAK UI - Kelemahan dan Kelebihan Peserta IPS


Tentang Kami

 

Les Privat Gerbatama UI adalah lembaga penyedia jasa guru les privat datang ke rumah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Tangerang Selatan, Bandung dan Kota Lain di Indonesia. Les Privat Gerbatama UI didirikan dan dikelola oleh Alumni Universitas Indonesia yang berpengalaman lebih dari 10 tahun.


Alamat


LES PRIVAT GERBATAMA UI

Mulia Asri 8 No 132, Jl KH Dehir
Tanah Baru - Beji - Depok

Call/WA/sms  :
0813-1415-4355
0822-1138-3848
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.