• SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES PRIVAT GERBATAMA UI

  • SELAMAT

  • SELAMAT DATANG

  • SELAMAT DATANG DI

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES PRIVAT

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES PRIVAT GERBATAMA UI

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU LES PRIVAT GERBATAMA UI

Jurusan Ilmu Perpustakaan, Kuliah dan Prospeknya

Posted in Blog.

Saya rasa hampir semua makhluk hidup (manusia) sudah mengetahui apa itu perpustakaan! Perpustakaan sebagian besar diartikan sebuah gedung yang menyimpan buku-buku dan di dalamnya terdapat ruang untuk membaca yang dikelola oleh para ahli di bidang perpustakaan.

 

Apa itu Jurusan Perpustakaan ?

Baiklah saya sebagai mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan seringkali mendapat pertanyaan apa itu jurusan ilmu perpustakaan ? apa saja sih yang dipelajari di dalam jurusan ilmu perpustakaan ? nanti bekerja di mana jurusan ilmu perpustakaan ? jaga perpus doang kan ? kadang juga mendapat pertanyaan kamu kenapa kuliah ambil jurusan perpustakaan kayak ngak ada jurusan lain aja, pilih jurusan kok aneh ?

Dari pengalaman saya yang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan di atas, saya menyimpulkan bahwa tidak sedikit orang yang tidak mengetaui apa itu jurusan ilmu perpustakaan, pelajaran yang dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan, prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan dan intinya tidak sedikit orang yang tidak mengetahui bahwa ADA JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN *CapslockJebol*

Okee daripada saya flashback tentang pertanyaan yang saya dapatkan mengenai jurusan ilmu perpustakaan, langsung saja saya akan sedikit menulis tentang jurusan ilmu perpustakaan untuk menghindari pengetahuan dangkal seseorang yang belum mengetahui adanya jurusan ilmu perpustakaan.

Mengenai perpustakaan saya rasa hampir semua orang mengetahui dan sudah sedikit saya jelaskan di atas, nah sekarang apa itu jurusan ilmu perpustakaan? Jurusan ilmu perpustakaan adalah satu-satunya program studi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional dalam bidang pengelola perpustakaan yang menjadikan perpustakaan sebagai objek kajiannya, mulai dari kegiatan teknisi perpustakaan, manajemen perpustakaan, bahkan aplikasi teknologi informasi di perpustakaan untuk menyebarluaskan informasi yang optimal.

Nah  telah saya uraikan sedikit tentang apa itu jurusan ilmu perpustakaan yang mungkin anda sudah mendapatkan bayangan dengan sendirinya apa itu jurusan ilmu perpustakaan dan mengapa diadakannya jurusan ilmu perpustakaan versi kalian. Selanjutnya, saya akan membahas prospek kerja bagi lulusan ilmu perpustakaan.

 

Prospek Kerja

Tapi sebelumnya, bagi yang masih beranggapan lulusan ilmu perpustakaan hanya didesain untuk menjadi seorang penjaga perpustakaan dan buku-buku yang di dalamnya dengan raut wajah yang menakutkan, sekarang sudah saatnya Anda membuang jauh-jauh pikiran itu.

Meskipun pada dasarnya memang lulusan jurusan ilmu perpustakaan diperuntukan sebagai tenaga profesional pengelola perpustakaan, akan tetapi tidak hanya demikian. Karena banyak sekali prospek kerja bagi lulusan ilmu perpustakaan yang tentunya belum banyak orang yang mengetahuinya.

Prospek kerja bagi lulusan ilmu perpustakaan selain menjadi tenaga profesional pengelola perpustakaan atau yang biasa disebut Pustakawan, bisa juga menjadi arsiparis karena adanya mata kuliah tentang kearsipan, juragan percetakan karena sudah mempelajari tentang terbitan buku, bisa bekerja sebagai programer, web designer ataupun pengelola database. nah ini pasti membuat banyak orang bertanya-tanya kenapa bisa bekerja sebagai programer. jawabannya karena lulusan jurusan ilmu perpustakaan juga dibekali ilmu-ilmu tentang pengelolaan teknologi informasi. bahkan, ada Universitas yang program studinya Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Tidak hanya itu lulusan ilmu perpustakaan juga dapat bekerja sebagai sekretaris, indexer yang dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang pastinya mempunyai dokumen yang perlu diorganisasi dengan baik.

Salah satu mahasiswa lulusan UGM pernah mengatakan bahwa lulusan ilmu perpustakaan juga dapat bekerja di instansi rumah sakit bahkan Bank yang juga mempunyai dokumen yang harus diorganisasi dengan baik oleh lulusan ilmu perpustakaan yang baru saya ketahui kebenarannya setelah saya kuliah di jurusan ilmu perpustakaan. Dan yang terakhir prospek kerja ilmu perpustakaan tentunya menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Selanjutnya ini alasan saya mengapa menyebutkan prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan di atas, karena mahasiswa yang kuliah di jurusan ilmu perpustakaan tidak hanya belajar tentang pengelolaan perpustakaan, tetapi juga mempelajari teknologi nformasi.

Berikut ini adalah Mata kuliah Keahlian & Keterampilan dan Mata kuliah Keahlian Berkarya di jurusan Ilmu Perpustakaan di UIN Raden Fatah Palembang :

No

Mata Kuliah

SKS

1

Pengantar Ilmu Perpustakaan

2

2

Pengantar Ilmu Informasi dan Dokumentasi

2

3

Komunikasi dalam Bidang Informasi

2

4

Dasar-dasar Organisasi Informasi

2

5

Dasar-dasar Katalogisasi dan Klasifikasi

2

6

Pengantar Ilmu Kearsipan

2

7

Aplikasi Teknologi Informasi

2

8

Manajemen Perpustakaan

4

9

Pelestarian Koleksi Perpustakaan

2

10

Klasifikasi I

4

11

Rujukan Umum dan Khusus

2

12

Aspek Hukum dalam Informasi

2

13

Kepustakawanan

2

14

Penerbitan Grafis dan Elektronik

2

15

Pendidikan Pemakai

2

16

Klasifikasi II

2

17

Sumber Informasi dan Sarana Bibliografi

2

18

Pengatalogan Buku

2

19

Pengatalogan Non Buku

2

20

Sarana Penelusuran Informasi

2

21

Administrasi Arsip

2

22

Pembinaan dan Pengembangan Koleksi

2

23

Pengantar Statistik

2

24

Terbitan Berseri

2

25

Pemasaran Jasa Informasi

2

26

KKI

2

27

Pengelolaan Perpustakaan Umum dan Khusus

4

28

Pengelolaan Perpustakaan Lembaga Pendidikan

4

29

Teknologi Multi Media

2

30

Sistem Jaringan Informasi

2

31

Pengemasan Informasi

2

32

Pengelolaan Perpustakaan Digital

2

33

Metodologi Penelitian Perpustakaan

2

34

Manajemen Pangkalan Data

4

35

Pengembangan Kepribadian

2

36

Manajemen Record

2

37

Layanan Sumber Daya Informasi

2

38

Kewirausahaan dalam Bidang Informasi

2

Hampir setiap Universitas yang ada jurusan ilmu perpustakaan memiliki mata kuliah yang berbeda-beda meski sama-sama program studi Ilmu Perpustakaan. Tetapi, pada dasarnya maksud dan tujuan yang dipelajari adalah sama. untuk mata kuliah selain Mata kuliah Keahlian & Keterampilan dan Mata kuliah Keahlian Berkarya yang saya tulis di atas akan disesuaikan dengan Universitas dan berada di Fakultas mana Program Studi Ilmu Perpustakaan Tersebut. Misalnya, untuk Universitas Islam akan belajar tentang Agama dan Bahasa Arab.

Dan untuk mata kuliah jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas lainnya bisa dilihat alamat web masing-masing universitas.


Dimana Bisa Kuliah Jurusan Perpustakaan?

Sekarang ini sudah banyak Universitas yang memiliki program studi Ilmu Perpustakaan, berikut Universitas yang memiliki jurusan Ilmu Perpustakaan:

  1. Universitas Indonesia, Jakarta
  2. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta
  3. Universitas Diponegoro, Semarang
  4. Universitas Airlangga, Surabaya
  5. Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  6. Universitas Padjajaran, Bandung
  7. Universitas Pendidikan Indonesia, Jakarta
  8. Universitas Brawijaya, Malang
  9. Universitas Sumatera Utara, Medan
  10. Universitas Lampung, Lampung
  11. Universitas Negeri Malang, Malang
  12. Universitas Bengkulu, Bengkulu
  13. Universitas Hasanuddin, Makasar
  14. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
  15. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  16. UIN Alauddin, Makasar
  17. UIN Raden Fatah Palembang
  18. IAIN Imam Bonjol, Padang
  19. IAIN Ar-Raniry, Aceh
  20. Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya
  21. Universitas Sam Ratulangi, Manado
  22. Universitas Muhammadiyah Mataram
  23. Universitas Halu Oleo, Kendari
  24. Universitas Islam Nusantara Bandung
  25. Universitas Cendrawasih, Jayapura
  26. Universitas Yarsi Jakarta

Nah yang terakhir kalau ditanya kenapa saya memilih kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan jawabannya awalnya TERPAKSA.

Bagi saya yang awalnya bercita-cita ingin menjadi seorang apoteker tidak pernah terlintas di pikiran saya untuk kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan, Tapi takdir berkata lain dan saya yakin Allah lebih mengetahui yang terbaik buat saya dibandingkan diri saya sendiri yang sangat rendah.

Akan tetapi sebelum saya mengikuti berbagai test masuk perguruan tinggi yang selalu menempatkan pilihan prodi Farmasi bukan Ilmu Perpustakaan, Ayah saya memberi saran untuk kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan di IAIN raden Fatah Palembang yang kata beliau mempunyai prospek kerja yang bagus. Dan pada akhirnya saya juga menuruti permintaan Ayah saya meski pada tahun berikutnya masih tetap berontak dengan tetap mengikuti berbagai test masuk Perguruan Tinggi padahal status sudah menjadi mahasiswa semester 3 Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Dan sekarang jika masih ada yang mempertanyakaan bagaimana keadaan saya di jurusan Ilmu Perpustakaan, saya akan jawab I’m Fine, saya enjoy kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan, dan pastinya saya akan mewujudkan keinginan Ayah saya yang sekarang sudah didukung dengan keinginan saya sendiri.

Tentang Kami

 

Les Privat Gerbatama UI adalah lembaga penyedia jasa guru les privat datang ke rumah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Tangerang Selatan, Bandung dan Kota Lain di Indonesia. Les Privat Gerbatama UI didirikan dan dikelola oleh Alumni Universitas Indonesia yang berpengalaman lebih dari 10 tahun.


Alamat


LES PRIVAT GERBATAMA UI


Mulia Asri 8 No 132, Jl KH Dehir
Tanah Baru - Beji - Depok

Call/WA/sms  : 0822-1138-3848
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.